Makna Ulang Tahun

        


Hari ini adalah hari ulang tahun salah satu teman saya. Berhubung ulang tahunnya di akhir bulan, maka ini menjadi momen untuk saya dan beberapa teman memikirkan kembali tentang apa yang akan kami lakukan kedepannya. 

        Secara pribadi, saya belum memiliki rencana yang pasti mengenai masa depan saya. Masih gelap. Berbeda dengan beberapa teman saya. Mereka tentu sudah memiliki rencana yang detail dan terstruktur. Ada target yang sudah mereka tentukan. 

        Apapun itu, hari ini saya tengah merenungkan kembali makna ulang tahun. Dalam bulan Januari ini, keluarga kami mengalami banyak kedukaan. Ponaan saya meninggal pada minggu kedua bulan Januari karena sakit. Usianya baru menginjak 3 tahun dan itu sangat berat untuk dihadapi oleh keluarga kami. Seminggu setelah itu, sepupu saya yang masih duduk di bangku SMP mengalami kecelakaan dan meninggal dunia pada hari itu juga. Duka yang tak terbendung ini menjadi luka di hati beberapa orang dan membuat saya bertanya-tanya "kapan saya akan dipanggil pulang?".

        Saya akhirnya tertawa dalam hati memikirkan betapa takutnya saya beberapa waktu lalu karena belum mendapat pekerjaan. Betapa khawatirnya saya saat tidak memiliki uang. Hidup dalam kecemasan-kecemasan tentang masa depan, pandangan orang lain, dan masih banyak lagi. Sungguh, ini membuktikan betapa sombongnya saya sebagai manusia saat berpikir bahwa semua itu harus dan memang oleh "saya". Padahal untuk bernapas hari ini saja tidak ada andil diri sendiri. Tidak ada sama sekali. Kehidupan yang kekal sudah Ia berikan, lalu mengapa saya masih hidup dalam rasa takut? Sederhana saja. Saya tidak bergantung pada Tuhan. 

        Ulang tahun mengingatkan kita bahwa Tuhan masih memberikan kita kesempatan untuk melakukan pekerjaan-Nya di bumi. Bersukacitalah dan kerjakan tugas pelayanan kita hingga batas waktu yang Tuhan tetapkan.

        Saya berharap di ulang tahun kali ini, teman saya semakin mengenal Kristus dalam hidupnya. Semakin giat melayani Kristus di manapun ia berada. Dan ini adalah beberapa harapan dan doa dari kami untuknya.

Tuhan memberkati

Jakarta, 31 Januari 2021

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak