Tuhan Maha Kuasa

SEKOLAH DASAR

DEVOTION HARI 3


Tema : Keberanian

Judul : Tuhan Maha Kuasa

Lagu : Sing Hosanna - Give Me Oil In My Lamp

https://www.youtube.com/watch?v=nBo9BM6QVxs


Video : Elijah & the Prophets of Baal (Mulai dari menit ke 1.00-selesai)

https://www.youtube.com/watch?v=9xiyljA9qz0&t=65s


Membaca ayat: 1 Raja-raja 18:38

Lalu turunlah api TUHAN menyambar habis korban bakaran, kayu api, batu dan tanah itu, bahkan air yang dalam parit itu habis dijilatnya.” (1 Raja 18:38)


Renungan:

diakses dari:https://equipu.kids4truth.com/god-is-powerful/


Baca cerita ini untuk siswa

Tuhan Itu Berkuasa


Elia bertemu dengan para nabi palsu Baal dan menantang mereka: "Mari kita cari tahu siapa sebenarnya Tuhan."


Elia menawarkan tantangan ini karena dia tahu bahwa satu-satunya Allah yang benar layak disembah. Para nabi Baal menerima tantangan Elia dan menghabiskan sepanjang hari mencoba membuat dewa-dewa mereka melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka berdoa dan menangis dan berteriak dan bahkan melukai diri mereka sendiri, tetapi mereka tidak pernah mendengar secuil pun dari idola mereka. Mereka mencoba membuat dewa Baal menjawab mereka atau setidaknya melakukan sesuatu untuk menunjukkan bahwa dia telah mendengar mereka.


Tapi ada satu masalah kecil. Baal tidak dapat mendengar mereka. Dia tidak memiliki telinga yang nyata. Dia adalah berhala buatan manusia, bukan Tuhan yang nyata. Saat Elia memperhatikan para nabi ini, dia tertawa dan mengolok-olok pemikiran mereka. Jika mereka membuat tuhan mereka, dan jika mereka bisa mengatakan apa yang harus dilakukan, dan jika mereka lebih kuat dari tuhan mereka, lalu bagaimana tuhan ini bisa membantu pada saat dibutuhkan? Itu tidak bisa memberi mereka apa pun yang belum mereka berikan!


Namun, satu-satunya Allah yang benar dan hidup adalah Pencipta kehidupan, dan Dia tidak dikendalikan oleh siapa pun atau apa pun. Elia tahu dia melayani Allah yang berkuasa ini. Pada akhirnya, setelah para nabi mencoba dan berusaha mendapatkan perhatian tuhan mereka, Elia pada dasarnya berkata, "Mari kita lihat apa yang bisa Tuhan lakukan!" Elia kemudian merendam mezbah seluruhnya dengan air. Dia ingin memastikan bahwa Tuhan akan menerima semua pujian untuk apapun yang Dia lakukan, dan bahwa tidak akan ada pertanyaan apakah Elia telah memalsukan sesuatu atau menipu.


Setelah ini selesai, Elia memanggil Tuhan untuk membuktikan kepada orang-orang bahwa Dia adalah Tuhan. Kemudian api Tuhan menghanguskan (membakar sampai garing) korban, mezbah, dan semua air di sekitarnya. Jelas, Tuhan telah mendengar Elia. Demi kemuliaan Allah sendiri, Dia menjawab permintaan Elia. Allah menyatakan diri-Nya sendiri sebagai satu-satunya Allah yang benar. Dia membeberkan Baal apa adanya Baal: dewa palsu yang tidak bisa mendengar atau menjawab doa.


Baca penjelasan ini untuk siswa


Tuhan tidak dibatasi oleh hal-hal yang sama yang membatasi kita. Dia tidak dapat dialihkan dari apa pun yang Dia ingin lakukan. Dia tidak dapat dihentikan kecuali Dia ingin dihentikan. Dia tidak bergantung pada kita. Merupakan pemikiran yang sangat menghibur untuk mengetahui bahwa Allah memiliki kuasa untuk melakukan semua yang Dia katakan akan Dia lakukan. Tuhan tidak menurunkan api dari surga hari ini, tetapi Dia memiliki kekuatan untuk membuktikan bahwa Dia adalah satu-satunya Tuhan yang benar. Dia melakukan semua yang terbaik untuk kemuliaan-Nya dan yang terbaik untuk kita. Tidakkah Anda senang bahwa Tuhan lebih kuat dari kita?


Tuhan itu kuat. Dia dapat dan akan melakukan semua yang Dia katakan akan Dia lakukan.



PERTANYAAN REFLEKSI untuk siswa

  • Apakah Anda percaya bahwa Tuhan benar-benar mampu memenuhi janji-janji-Nya?
  • Jika demikian, apakah Anda percaya pada janji-janji-Nya setiap hari?
  • Apakah Anda berani melakukan perintah-Nya meski sulit?
  • Apakah Anda berani melakukan hal yang benar agar orang lain dapat percaya kepada Tuhan?

Sumber:

Bahan ibadah: https://equipu.kids4truth.com

Diterjemahkan oleh: Rutsri Pian


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak